Minggu, 21 September 2014

Bahaya dan Cara mengatasi Radiasi Handphone






Dizaman modern seperti ini, manusia tidak bisa lepas dari alat komunikasi, seperti Halnya hp. Jaman sekarang Hp sudah menjadi kebutuhan setiap orang., hampir setiap orang memilikinya. Tapi pernahkah kalian berfikir bahaya apa saja yang akan mengancam kesehatan anda dibalik banyaknya manfaat dari sebuah hp ???

Info seputar kesehatan kali ini akan membahas apa saja bahaya Radiasi hp dan bagaimana cara mengatasinya. Sebelum kita membahas apa saja bahaya radiasi hp, hendaknya kita terlebih dahulu mengetahui pengertian radiasi itu sendiri. Radiasi adalah pancaran energi melalui suatu ruang atau materi dalam bentuk panas, partikel, ataupun gelombang elektro magnetic / cahaya (foton) dari sumber radiasi. Radiasi banyak dihasilkan oleh berbagai peralatan elektronik atau peralatan listrik di sekitar kita, seperti televisi, lampu penerangan, microwave, komputer, hp dan smartpnone dll.


Nah sekarang setelah mengetahui pengertian Radiasi, saatnya kita mengetahui bahaya apa saja yang ditimbulkan dari radiasi hp. Diantaranya :


 Menyebabkan kanker otak


      Para pakar melakukan penelitian dan menemukan bahwa ada peningkatan glioma dan peningkatan resiko kanker otak akustik neuroma bagi pengguna ponsel. Otak manusia dapat dengan mudah teradiasi apabila anda menggunakan ponsel dalam jangka waktu yang lama dan terus-menerus. Untuk itu pakailah ponsel seperlunya saja untuk menghindari hal-hal buruk tersebut.


 Mengurangi produksi sperma


Bagi anda kaum pria sebaiknya anda mengetahui bahwa radiasi hp bisa mengurangi produksi sperma anda. Kesimpulan ini diambil setelah diadakan beberapa penelitian ilmiah yang menyatakan bahwa produksi pemakaian hp bisa mempengaruhi produksi sperma menjadi berkurang dan juga mengurangi kualitas sperma itu sendiri.


Parkinson

adalah sejenis penyakit degeneratif yang menyerang system saraf pusat sehingga mengganggu system motorik. Penderita Parkinson biasanya mengalami kaku otot, sulit berjalan, tremor, masalah keseimbangan serta gerakan menjadi lambat.


Alzheimer

adalah sejenis penyakit neurologis yang ditandai dengan menurunnya kemampuan daya ingat dan kemampuan menilai sesuatu, dan penurunan tersebut sangat mempengaruhi perilaku serta aktifitasnya sehari-hari. Wadaww.. Bahaya bingit kan..???


Bahaya selanjutnya terkhusus untuk wanita, karena wanita kan makhluk Istimewa.., jadi yaa di khususkan.. hehee


 Memicu Kanker Payudara


Kebiasaan anda untuk meletakan ponsel di dalam saku baju ternyata memicu adanya paparan radiasi sehingga mengembangkan sel sel kanker, termasuk sel kanker payudara. Sebaiknya kita meletakkan ponsel di dalam tas atau dompet sehingga menjauhkan pengaruh negatif dari radiasi terhadap kesehatan payudara anda.



 Mengganggu Kehamilan Anda


Dalam studi yang di kutip dari dailymail.co.uk paparan radiasi selama kehamilan akan mempengaruhi perkembangan otak janin sehingga menyebabkan hiperaktif. Penelitian ini dilakukan oleh Yale School of Medicine. Radiasi yang dihasilkan dari ponsel pada waktu yang lama akan memberikan efek buruk apalagi jika anda terbiasa meletakan ponsel di dekat rahim anda.




Setelah kita mengetahui bahaya dari radiasi hp.., sekarang kita membahas bagaimana cara mengatasinya., Diantaranya :



Mengaktifkan speaker


Memakai speaker saat menelepon atau menerima panggilan akan mengurangi energi atau tingkat bahaya radiasi Hp-nya. Demikian juga, semakin jauh anda dari antena Hp, akan semakin rendah tingkat radiasinya.



Memakai telinga secara bergantian.

      Jika anda diharuskan menelepon dalam jangka waktu lama, cobalah memakai telinga kiri dan telinga kanan bergantian secara berulang kali.


Menelepon seperlunya saja.

Sebaiknya menelepon dengan Hp singkat dan seperlunya saja.


Mengurangi pemakaian Smartphone.

Perangkat smartphone seperti BlackBerry atau iPhone menghasilkan emisi yang lebih tinggi daripada Hp biasa.

 Letakkan ponsel di tas

Saat tidak digunakan, sebaiknya letakkan ponsel di tas atau meja. Jangan terus menerus menempel disaku.

Malam hari sebaiknya HP dimatikan.

Jika tetap menyala, sebaiknya diletakkan di luar kamar tidur, agar gelombang elektromagnetik tidak menyerang organ otak manusia.

Semoga Bermanfaat ^_^


0 komentar:

Posting Komentar