Rabu, 17 September 2014

Bahaya Headset ( Earphone )


        Beberapa orang mungkin tidak menyadari bahwa mereka secara tidak langsung merusak pendengaran mereka hanya dengan mendengarkan mp3 player atau ipod melalui earphone dengan volume tinggi walaupun hanya satu jam setiap hari.  
      Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan ilmuwan di Eropa menyimpulkan bahwa menggunakan earphone dan bermain musik keras setiap hari selama lima tahun dapat menyebabkan masalah pendengaran permanen dan tidak dapat diubah. Lima tahun sepertinya waktu yang lama, tetapi mendengarkan musik melalui headset setiap hari akan memiliki efek yang sama dalam waktu yang jauh lebih singkat. Nah lo.., nggak mau kan ..???

     Kita Dapat Menarik kesimpulan dari statemen diatas akan bahaya menggunakan headset terlalu sering dan dengan volume tinggi, ya'ni :

   Gangguan Pendengaran.  
Memang sih mendengarkan mp3 dengan headset itu ajiib banget, tapi yang harus diingat oleh sobat semua jika kita menggunakannya dengan waktu yang cukup lama apalagi dengan volume yang keras, biasanya ada rasa mendengung atau suara denging di dalam telinga. iya nggak ??.
So.. ini merupakan satu indikasi bahwa telinga anda mengalami gangguan. Jadi jangan diulangi lagi yaa.

Eh.. sudah dibilangin kalau mendengarkan  terlalu lama dan dengan suara keras itu nggak bagus, tapi masih tetap ngeyel bin keras kepala..??!, maka resiko berikutnya yang ada alami adalah :

   Kerusakan Pendengaran Permanen 
       Bahaya memakai headset selanjutnya yaitu saat anda mendengarkan musik lewat headset terlalu lama dan saat anda melepaskan headset tersebut, maka telinga anda akan terasa panas dan bergedup hebat layaknya jantung yang berdegup saat bertemu pujaan hati.hehee.
  Hal itu terjadi karena koklea atau biasanya disebut rumah siput mengalami kelelahan. Koklea sangat berperan penting dalam proses pendengaran.  
 Kelelahan koklea secara terus menerus akan mengakibatkan gangguan pendengaran secara tetap. 

Kerja Otak Terganggu
    Selain gangguan pendengaran, memakai headset dengan suara kencang dapat menyebabkan gangguan kerja otak. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Komite Emerging and Newly Identified Helat Risk menunjukkan bahwa gelombang elektromagnetik yang dipancarkan dari penggunaan headset bisa merusak kerja otak. Walau belum memberi hasil yang pasti, hal ini bisa jadi rambu-rambu agar Anda tidak sering memakai headset.

  Bahaya memakai headset selanjutnya adalah :

 Ketidakseimbangan Badan

     keseimbangan badan juga bisa kacau, disebakan tekanan udara mempengaruhi keseimbangan tubuh saat berada di jalan.
     Jadi, bagi anda pengguna headset atau eatphone untuk sering-sering membersihkan telinga dari ear wax agar tidak terinfeksi karena bahaya memakai headset ini sudah banyak penderitanya.

Lantas, Bagaimana cara mengobatinya  ??
    Pengobatannya hanya dapat di lakukan dengan cara terapi hiperbalik atau memberi obat-obatan khusus agar tingkat ketulian yang di alami penderita gangguan berkurang.
    Tetapi hal yang demikian tidak dapat menyembuhkan karena yang rusak adalah sel rambut pada organ telinga bagian dalam yang fungsi dari itu adalah menangkap frekuensi suara. Bila bagian ini telah rusak atau mengalami gangguan, maka tidak akan bisa kembali normal seperti sedia kalanya. Wallohua'lam

Semoga Bermanfaat. ^-^

1 komentar:

  1. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh WHO, penggunaan earphone yang terlalu sering menimbulkan efek negatif seperti timbul denging dikarenakan koklea (rumah siput) telinga lelah menerima suara terlebih jika volume sangat keras kedepannya bisa menyebabkan tuli permanen
    Sumber: udoctor.co.id

    BalasHapus